Blog Pasar Kota Gede YIA

Gembira Loka : Kebun Binatang Andalan Kota Jogja

Gembira Loka – Yogyakarta atau sering disebut Jogja merupakan daerah istimewa dan destinasi wisata terfavorit di Indonesia setelah Bali tentunya menawarkan berbagai macam pesona keindahan dan keunikan-keunikan didalamnya yang membuat nyaman pengunjungnya dan takkan bisa melupakannya. Karna Jogja merupakan destinasi wisata favorit, tentunya Jogja juga memiliki kebun binatang yang menjadi daya tarik sendiri dari kota pelajar ini. Kebun binatang tersebut adalah Gembira Loka.

Kebun Binatang Gembira Loka atau biasa disebut Gembira Loka Zoo merupakan kebun binatang yang berada di Kota Jogja. Terdapat berbagai macam spesies dari belahan dunia, seperti orang utan, gajah asia, simpanse, harimau, dan masih banyak lagi. Kebun Binatang Gembira Loka menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Jogja. Meskipun sempat rusak parah akibat gempa bumi yang melanda Jogja pada tahun 2006. Tetapi setelah direnovasi ,Kebun Binatang ini tetap dicari para wisatawan.

Sobat PKG YIA tentunya penasaran kan ?? Yukk kita simak penjelasan di bawah ini !!

Sejarah Gembira Loka

Kalau diartikan secara harfiah, Gembira Loka berarti tempat bahagia. Konon, setengah abad yang lalu Sri Sultan Hamengkubuwana IX mewujudkan keinginan pendahulunya untuk mengembangkan ‘Bonraja’ tempat memelihara satwa kelangenan raja menjadi suatu kebun binatang publik. Maka didirikanlah Gembira Loka di atas lahan seluas 22 hektare yang separuhnya berupa hutan lindung. Disitu terdapat lebih dari 100 spesies satwa di antaranya 61 spesies flora.

Letaknya di daerah aliran Sungai Gajah Wong. Akses menuju Gembira Loka sangat mudah dengan angkutan kota dan kendaraan. Pada awalnya dimulai dari beberapa hewan macan tutul yang berhasil ditangkap penduduk setempat karena mengganggu desa dan sebagian berasal dari lereng Gunung Merapi yang hutannya terbakar akibat awan panas.

Gembira Loka Zoo memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap. Akhir-akhir ini, dikabarkan bahwa GLZ sedang mengadakan kesepakatan dengan Singapore Zoo untuk pertukaran hewan, yakni 6 ekor Pinguin Jackass. Kebun binatang ini selalu berusaha memberikan yang terbaik demi kenyamanan pengunjung serta kelestarian alam. Beberapa kali didengar bahwa gajah melahirkan, burung kakatua menetaskan telurnya, kuda pacu melahirkan anaknya, serta seekor orang utan lahir

Satu hal yang memprihatinkan adalah banyak kondisi satwa yang kurang terurus. Banyak fasilitas yang seakan seadanya saja. Hal itu karena pendapatan dari tiket masuk sangat kecil dari sedikitnya wisatawan yang berkunjung.

Namun, sejak tahun 2010 Gembira Loka Zoo mulai merehabilitasi dan merekonstruksi kebun binatangnya. Bahkan, sampai tahun 2021 ini sedang dalam proses pembuatan untuk Zona Cakar. Beberapa pedagang asongan pun sudah mulai dibenahi, agar terkesan rapi dan bersih. Semenjak itu, GLZ mulai dikunjungi pengunjung dengan jumlah yang lebih banyak.

Koleksi Satwa

gembira loka
(VisitingJogja)

Gembira Loka Zoo ini memiliki beraneka ragam koleksi satwa yang diadopsi baik dari dalam negri maupun mancanegara.

Reptilia :

Biawak Pohon Biru, Kura-kura Aldabra, Biawak Pohon Hijau, Kura-kura Kepala Chery, Biawak Bekari/ Biawak Pohon Hitam, Biawak Bengalis, Biawak Goldi, Biawak Komodo, Biawak Tegu, Buaya Muara, Buaya Senyulong, Chameleon, Iguana Hijau, Kadal Lidah Biru, Kadal Pensil, Kura-kura Dada Merah, Kura-kura Indiana Star.

Mamalia :

Orangutan Kalimantan, Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Babi Hutan, Ankole Watusi, Beruang Madu, Lutung Jawa, Kapibara, Kijang, Binturong, Kuda Nil Kerdil, Kuda Nil Landak Jawa, Lemur Ekor Cincin, Macan Dahan, Linsang/Berang-berang, Musang Rase, Tapir Asia, Unta Punuk Satu, Owa Kalimantan Rusa Timor, Rusa Tutul, Simpai, Simpanse Macan Tutul Jawa, Wallaby, Tapir Brazil, Nilgai.

Amfibia :

Katak Bibir Putih, Katak Badut, Katak Budgett, Katak Pesek, Katak Red Rain, Katak Tomat, Salamander Axolotl.

Aves :

Burung Hantu, Elang Bondol, Elang Brontok Burung Unta, Violet Turaco, Macau Merah, Julang Emas, Gagang Bayam, Kakatua Jambul Kuning, Macau Biru Emas, Angsa Hitam, Alap alap Sulawesi, Elang Jawa, Elang Laut Perut Putih, Kakatua Maluku, Kakatua Raja, Kakatua Tanimbar/Goffinian, Kasuari Gelambir Dua, Merak Hijau, Nuri Abu-abu Afrika, Nuri Bayan, Nuri Kabare/Kasturi Raja, Nuri Hitam, Pelikan, Lesser Flamingo, Rangkong Badak, Pinguin Jackass / Pinguin Afrika, Scarlet ibis, Silver Pheasant, Pelatuk Besi.

Pisces :

Belida, Arapaima, Bala-bala, Ketupang, Ikan Hantu, Ikan Macan, Oscar, Jengishkan, Piranha, Tomang.

Lokasi

Gembira Loka Zoo ini berlokasi di Jl. Veteran No.47, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun kebun binatang ini berjarak 45,6 km dari Bandara YIA dengan waktu tempuh sekitar 1 Jam 26 Menit.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...