Blog Pasar Kota Gede YIA

Gereja Gothic Sayidan : Bangunan Unik yang Misterius

Gereja Gothic Sayidan – Kalau Sobat PKG YIA jalan-jalan ke daerah Gondomanan Kota Joga, sobat akan menemukan pemandangan bangunan-bangunan klasik yang erat dengan citra Keistimewaan Jogja. Contonya seperti Pasar Beringharjo dan Benteng Vredenburg yang soabt bisa temukan di Kecamatan ini. Namun di sisi lain, terdapat satu bangunan yang sangat mencolok di mata. Masyarakat Jogja menyebutnya dengan nama Gereja Gothic Sayidan.

Sobat yang mungkin menjumpai bangunan ini tentunya penasaran kan ??sebenarnya Gereja Gothic Sayidan itu bangunan apa sihh ?? Kok keliatan misterius ya ?? Kalau sobat penasaran, yukk kita simak info di bawah ini !!

Sekilas Gereja Gothic Sayidan

Bangunan atau Gereja gothic ini berdiri  sekitar tahun 1986-1987 dan mulai dikosongkan sejak sekitar tahun 2004 lalu karna Hak Guna Bangunan ini telah berakhir sejak tahun 2000. Dan akhirnya oleh pemerintah daerah bangunan ini dijadikan cagar budaya sejarah arsitektur.  Namun sayang tempat ini tidak boleh untuk dimasuki, padahal arsitektur bangunan ini cukup unik untuk dijadikan sebagai objek wisata.

Pemilik

Lalu siapakah sebenarnya pemilik bangunan ini ?? Menurut informasi yang di dapat, Pemilik Gereja Gothic Sayidan ini adalah warga keturunan Tionghoa yang bernama Ny Esther Widyo Wanandyo (almh). Berdasarkan KKD DIY tahun 1982 161/HAK/KPTS/82. Ny Esther menjadi WNI berdasarkan SK PN Yogyakarta tahun 1960 no 174/1959 WN/8.

Ny Esther ini memiliki gelar K.MAT karna berdasarkan sejarah Ny Esther masih ada hubungan kerabat dengan keraton Surakarta dan dulu berdagang batik di pasar Beringharjo. Lalu Suami Ny Esther adalah R. Petrus Haryono. Yang merupakan seorang pembatik yang memiliki hubungan kerabat dengan Keraton Jogja dan sudah meninggal pada tahun 1978. Keluarga ini merupakan keluarga terpandang dimana 4 diantaranya sudah cukup terkenal yaitu :

1. dr Samuel J Haryono SpB,K Onk., seorang peneliti di bidang kesehatan yang juga menjadi dokter di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta.

2. KMT Prodjo Haryono adalah abdi dalem Kparajan Gunungkidul. Nama beliaulah yang pernah tertulis di papan nama pada pagar rumah Gothic Sayidan ini.

3. KRT Daud Wiryo Hadinagoro adalah pemilik brand batik yang terkenal hingga manca negara. Salah satu galeri beliau ada di kota Milan dan Singapura. Batik beliau pernah dipakai oleh para pesohor dunia seperti Mandela, Khadafi, Bush dan Mahathir.

4. KRT Thomas Haryonagoro adalah pakar budaya sekaligus Director Museum Ullen Sentalu Kaliurang Jogja milik keluarga Haryono.

Daya Tarik

Gereja gothic ini memiliki beberapa daya tarik antara lain :

1. Arsitektur bangunan yang indah

Bangunan yang diklaim sebagai gereja ini memang memiliki arsitektur bergaya Eropa yang kental. Dinding-dinding tebal dan tingginya menara akan menjadi pemandangan yang unik dan berbeda. Terdapat lonceng serta salib-salib yang tertancap di ujung menara. Penampakan inilah yang memberikan anggapan bahwa bangunan gothik ini adalah sebuah gereja yang sudah tak terurus lagi.

Bagian balkon yang cukup luas pada bangunan memberikan kesan bahwa tempat ini memang dulunya merupakan sebuah rumah hunian. Namun, lagi-lagi patung Yesus yang berada di salah satu sisi bangunan memperkuat kembali argumen masyarakat bahwa itu adalah gereja tua. Patung tersebut dibuat dengan posisi tangan yang menunjuk ke arah kraton Jogja.

2. Misteri yang tersimpan

Walaupun banyak rumor yang beredar mengenai mistisnya bangunan ini, namun tidak terlalu berdampak pada lalu lalang orang yang datang. Masih banyak pengunjung yang merasa penasaran pada bangunan lawas yang telah ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya ini. Mereka ingin mengabadikan momen bersama pada bangunan yang telah berusia lebih dari satu abad ini.

Berdasarkan cerita yang beredar, rumah megah ini awalnya dimanfaatkan sebagai museum batik oleh pemiliknya. Namun, setelah pemilik rumah tersebut meninggal, kegiatan produksi batik dan pameran yang biasa diadakan di tempat ini menjadi vakum. Kemudian, semua barang-barang di gereja dipindahkan ke tempat lain yaitu museum Sentalu.

Menurut kabar yang beredar, pernah ada orang yang memberanikan diri masuk ke dalam gedung. Kondisi di dalamnya ternyata memang sangat menyeramkan. Banyak lorong-lorong bangunan yang kondisi lantainya becek dan berair. Mungkin cerita ini memang benar adanya mengingat tidak ada seorangpun yang terlihat merawat bangunan tersebut.

Gereja gothic ini sangat direkomendasikan untuk sobat yang berjiwa pemberani. Jangan lupa untuk menjaga tata krama dan sopan santun saat bersua foto di halaman gedung. Meskipun terkenal mistis, sobat akan terhipnotis saat sudah berada di lokasi. Semua anggapan dan rumor yang ada akan hilang dan tergantikan dengan pemandangan yang indah dan menawan.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...