Blog Pasar Kota Gede YIA

Jogja National Museum : Museum Karya Seni

Jogja National Museum – Yogyakarta atau sering disebut Jogja merupakan daerah istimewa dan destinasi wisata terfavorit di Indonesia setelah Bali tentunya menawarkan berbagai macam pesona keindahan dan keunikan-keunikan didalamnya yang membuat nyaman pengunjungnya dan takkan bisa melupakannya. Salah satu keunikan yang ditawarkan oleh Jogja ini adalah desa wisatanya yang memiliki berbagai macam pesona dan ciri khasnya masing-masing.

Selain pantai dan tempat wisata populer yang biasa menjadi destinasi wisatawan, ada juga museum yang bisa sobat PKG YIA kunjungi di Jogja yaitu mengunjungi Jogja National Museum. Jogja National Museum atau Museum Nasional Jogja termasuk salah satu tempat wisata Jogja yang berbeda dari museum pada umumnya. Jika biasanya di dalam museum terdapat banyak barang bersejarah di Jogja National Museum (JNM) justru berisi berbagai macam karya seni.

Karya seni yang dipamerkan juga tidak terbatas seperti lukisan dan pahatan saja, terdapat instalasi seni kontemporer yang menarik juga lhoo. Museum ini pun selalu rutin menjadi tempat dilaksanakannya berbagai pameran seni berkelas internasional seperti Biennale Jogja dan banyak lainnya.

Kamu bisa mengikuti acara pameran di JNM ini dengan memanfaatkan paket liburan ke Jogja yang banyak ditawarkan Biro Perjalanan. Berikut informasi menarik mengenai Jogja National Museum buat kamu sobat setia PKG YIA.

Sejarah Jogja National Museum

Museum Nasional Jogja pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat sekitar tahun 2006 sebagai ruang publik yang membebaskan para seniman untuk berekspresi. Hal ini tidak lepas dari historis panjang bangunan museum yang berkaitan dengan para seniman-seniman di Jogja.

Sebelum menjadi museum, gedung dan lahan seluas 14 hektar ini merupakan kampus dari Akademi Seni Rupa di tahun 1950. Kemudian pada tahun 1984 berganti sepenuhnya sebagai Fakultas Seni Rupa dan Desain yang merupakan cikal bakal dari Institut Seni Indonesia.

Namun saat kampus ISI sudah berpusat sepenuhnya di Jl. Parangtritis tahun 1998, bangunan ini pun terbengkalai cukup lama. Hingga akhirnya ketua Yayasan Yogyakarta Seni Nusantara, KPH. Wironegoro, M.Sc. memanfaatkan kembali bangunan ini sebagai sebuah museum seni.

Kemudian pada tanggal 19 November 2006, diselenggarakanlah pameran ‘Melukis Lagi di Gampingan’ dalam rangka penggalangan dana untuk renovasi. Pameran ini dilakukan bersama-sama oleh para seniman di Jogja dan sekitarnya yang membuat dikenal sebagai Jogja Gallery.

Sejak saat itu mulai banyak pameran seni yang diadakan di Jogja National Museum seperti ArtJog dan Biennale Jogja. Event-event inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan dan membuat Museum Nasional Jogja ini begitu istimewa.

Koleksi dan Pameran

Jogja National Museum

Sejak resmi berdiri di tahun 2006, Jogja National Museum berhasil mencuri perhatian sebagai pusat pelestarian kesenian bagi seniman lokal hingga internasional. JNM mengusung misi pelestarian seni Indonesia melalui pameran seni rupa tetap maupun pameran temporer.

JNM menampilkan koleksi-koleksi seni rupa milik museum sebagai pameran tetapnya. Sementara untuk pameran temporer, museum merangkul seniman perorangan atau komunitas dari berbagai daerah untuk menampilkan hasil karya seni terbaiknya.

Beberapa event yang menjadi langganan pameran seni temporer di Jogja National Museum antara lain adalah ARTJOG dan Biennale Jogja. Keduanya merupakan event pameran seni rupa tahunan terbesar yang ada di Indonesia.

Kedua pameran seni bergengsi itu memberikan kesempatan wisatawan untuk menjadi saksi atas karya-karya monumental dari banyak seniman besar. Tak heran jika JNM selalu jadi magnet bagi siapapun yang ingin menikmati karya seni kontemporer berkualitas.

Selain pameran berskala besar, program pameran seni temporer JNM juga memberikan kesempatan bagi para seniman muda Indonesia. Karya para seniman muda ini tentu juga memiliki daya tarik tersendiri melalui ekspresi seni dan sentuhan artistik ala anak muda.

Jam Operasional

Museum ini bisa Anda kunjungi mulai dari hari Senin sampai Sabtu pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB. Untuk waktu terbaik berkunjung tentu saja saat sedang ada event-event pameran seperti ArtJog sedang berlangsung.

Alamat

Museum seni Jogja ini berada di Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Malioboro dan keraton serta parkir bus Ngaben sehingga mudah untuk diakses dari manapun.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...