Blog Pasar Kota Gede YIA

7 Museum Jogja yang Terkenal

Museum Jogja – Jika kamu mendengar kata “Jogja”, apa sihh yang terlintas di pikiranmu ?? Pastinya yang terlintas dipikiran sobat adalah kota yang sarat akan keistimewaannya dengan berbagai macam tempat wisata yang menarik bukan ??

Tentu saja, Yogyakarta atau sering disebut Jogja merupakan daerah istimewa dan destinasi wisata terfavorit di Indonesia setelah Bali tentunya menawarkan berbagai macam pesona keindahan dan keunikan-keunikan didalamnya yang membuat nyaman pengunjungnya dan takkan bisa melupakannya.

Tidak hanya kaya akan destinasi wisata dan berbagai kuliner yang sedap, di Jogja juga terbanyak banyak museum yang edukatif dan menarik sekali untuk dikunjungi. Berikut kami buatkan artikel untuk sobat PKG YIA terkait 7 Museum Jogja yang Terkenal.

Daftar Museum Jogja

Penasarankan museum jogja mana saja yang terkenal dan menarik sekali untuk dikunjung ?? Yukk kita simak !!

1. Taman Pintar

Museum Jogja
(Salsa Wisata)

Kalau museum biasanya berisi benda-benda bersejarah dari zaman dahulu kala, namun di Taman Pintar kamu bisa menemukan aneka wahana sains terkini yang keren lho. Beberapa diantaranya bisa kamu jumpai di dalam Gedung Oval Taman Pintar.

Di dalam gedung ini kamu bisa menyaksikan berbagai macam pertunjukan sains yang menarik. Ada terowongan ilusi, generator Van De Graaf yang bisa membuatmu rambutmu berdiri hingga simulasi gempa bumi.

2. Museum Affandi

Museum Jogja
(YogYes.com)

Affandi merupakan salah seorang pelukis terkenal di Indonesia. Karya-karyanya tidak hanya terkenal di dalam negeri tapi juga sudah diakui oleh dunia internasional lho. Di Jogja, kamu bisa berkunjung ke kediaman Affandi yang berada di dalam satu kompleks dengan galeri seninya.

Di dalam galeri seni Museum Affandi, kamu bisa melihat kurang lebih 300 lukisan karya Affandi beserta beberapa lukisan pelukis terkenal Indonesia lainnya. Berkunjung ke sini bisa jadi sarana wisata edukasi seni yang menyenangkan karena banyak terdapat spot kece dan instagramworthy.

3. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg ini lokasinya tidak jauh dari pusat keramaian Titik Nol Kilometer Jogja. Museum ini dahulu merupakan salah satu benteng pertahanan pasukan penjajah.

Dengan mempertahankan bentuk aslinya, bentuk klasik museum ini berhasil mencuri perhatian siapa pun yang lewat. Koleksi di dalamnya juga tidak kalah keren dengan museum yang lain. Setidaknya ada empat diorama yang bisa kamu nikmati di dalam museum ini. Berkunjung ke sini pastinya akan menambah pengetahuan tentang sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

4. Museum Monumen Jogja Kembali

Museum Jogja
(KSMTour.com)

Monumen Jogja Kembali merupakan penanda sejarah kembalinya kedaulatan Republik Indonesia pada tahun 1949 ketika Jogja masih menjadi ibukota Indonesia. Monumen berbentuk piramida ini dibangun di atas sumbu imajiner yang menghubungkan Merapi, Tugu, Keraton, Panggung Krapyak dan Parangtritis dalam satu garis lurus.

Di bagian dalam monumen kamu bisa menyaksikan aneka koleksi benda bersejarah yang menjadi saksi perjuangan rakyat Indonesia khususnya Yogyakarta dalam merebut kembali kemerdekaan. Yang unik, di sini kamu bisa menemukan ruang khusus yang diberi nama ruang hening. Ruangan ini berada di lantai empat yang merupakan lantai teratas dan diperuntukkan khusus untuk merenung dan mendoakan para pahlawan yang gugur.

5. Museum Ullen Sentalu

Museum Jogja
(CASA Indonesia)

Museum di Jogja dengan suasana yang berbeda dapat kamu temui di Museum Ullen Sentalu. Museum yang berada di lereng Gunung Merapi ini memiliki keunikan tersendiri karena lokasinya berada di atas hutan pegunungan. Suasana sejuk dan damai membuat area museum ini disebut ndalem Kaswargan atau Rumah Surga.

Koleksi Museum Ullen Sentalu merupakan dokumentasi dari evolusi budaya Jawa sejak Mataram Kuno, Medang, Kediri, Singasari, Majapahit, Demak, Pajang, juga Mataram beserta empat cabangnya, yakni Keraton Surakarta, Yogyakarta, Mangkunegaran, dan Pakualaman. Museum Ullen Sentalu menyimpan koleksinya di dalam rumah-rumah kecil dari batu yang menarik. Jalan menuju rumah-rumah kecil itu pun dibuat seperti labirin. Dijamin  tidak akan menyesal deh datang kemari.

6. Museum Sonobudoyo

Museum Jogja
(Blog Budaya UNISBANK)

Berbeda dengan Museum Keraton, Museum Sonobudoyo merupakan museum kebudayaan Jawa yang terlengkap kedua setelah Museum Nasional di Jakarta. Jumlah koleksi di museum ini mencapai 43.600 benda bersejarah dalam budaya Jawa yang bahkan setiap tahunnya selalu bertambah, lho!

Buat kamu yang ingin lebih jauh mengenal budaya Jawa bisa berkunjung ke sini. Museum Sonobudoyo berada di dua lokasi, yaitu di Jalan Trikora dan Alun-alun Utara Keraton Jogja. Di Museum Sonobudoyo Alun-Alun Utara, pada malam harinya diadakan pertunjukan wayang kulit singkat yang menarik untuk disaksikan.

7. Museum Nasional Jogja

Museum Jogja
(Travelspromo)

Museum Nasional Jogja atau Jogja National Museum merupakan museum yang berbeda pada umumnya. Kalu biasanya di dalam museum terdapat banyak barang bersejarah di Jogja National Museum (JNM) justru berisi berbagai macam karya seni.

Karya seni yang dipamerkan juga tidak terbatas seperti lukisan dan pahatan saja namun juga instalasi seni kontemporer yang menarik. Museum ini pun selalu rutin menjadi tempat dilaksanakannya berbagai pameran seni berkelas internasional seperti Biennale Jogja dan banyak lainnya.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...