Website PAUD Terpadu JogjaCitra

Published by
sibakul

Website PAUD Terpadu JogjaCitra – Sebagai lembaga pendidikan anak usia dini, pengembangan website PAUD Terpadu Jogjacitra dikembangkan untuk memudahkan pengelola mencerminkan nilai-nilai dan tujuan lembaga. Berikut ini adalah beberapa arah pengembangan yang perlu di persiapkan pada website tersebut:

  1. Informasi yang lengkap: Website harus menyediakan informasi yang lengkap tentang profil lembaga, visi dan misi, kurikulum, program pendidikan, fasilitas, dan kegiatan yang dilakukan di PAUD Terpadu Jogjacitra. Informasi-informasi tersebut harus disusun dengan jelas dan mudah diakses oleh pengunjung.
  2. Desain yang menarik dan responsif: Desain website harus menarik, ramah anak, dan mencerminkan suasana yang menyenangkan dan mendukung pembelajaran anak usia dini. Desain yang responsif juga penting agar website dapat diakses dengan baik di berbagai perangkat, termasuk ponsel dan tablet.
  3. Galeri foto dan video: Menampilkan galeri foto dan video kegiatan di PAUD Terpadu Jogjacitra adalah cara yang baik untuk memberikan gambaran tentang suasana belajar dan kegiatan di lembaga tersebut. Hal ini juga dapat memberikan kepercayaan kepada orang tua dan calon siswa tentang kualitas pendidikan yang diberikan.
  4. Informasi pendaftaran dan kontak online pendaftaran: Memiliki fitur kontak online untuk pendaftaran untuk memudahkan orang tua dalam mendaftarkan anak mereka ke PAUD Terpadu Jogjacitra. Fitur ini fokus pada memberi kemudahan berkomunikasi dengan pihak lembaga.
  5. Blog atau artikel pendidikan: Menyediakan blog atau artikel pendidikan yang terkait dengan perkembangan anak usia dini dapat menjadi nilai tambah bagi website. Artikel-artikel ini dapat memberikan informasi dan tips kepada orang tua tentang pendidikan anak, perkembangan anak, dan topik-topik terkait lainnya.
  6. Kontak dan peta lokasi: Website harus menyediakan informasi kontak yang jelas, termasuk alamat lengkap, nomor telepon, dan alamat email. Selain itu, peta lokasi atau petunjuk arah juga perlu disediakan agar orang tua atau calon siswa dapat dengan mudah menemukan lembaga tersebut.

Update Versi PHP Agar dapat meng-update Website PAUD

Untuk menjalankan WordPress versi 6.2, Anda perlu memperbarui versi PHP yang digunakan. Versi PHP 5 sudah usang dan tidak lagi didukung, sehingga tidak dapat menjalankan WordPress versi terbaru. WordPress 6.2 membutuhkan versi PHP yang lebih baru, seperti PHP 7.x atau versi yang lebih tinggi.

Memperbarui versi PHP tidak hanya penting untuk menjalankan WordPress versi terbaru, tetapi juga untuk keamanan dan kinerja website Anda. Versi PHP yang lebih baru umumnya memiliki peningkatan keamanan, kinerja, dan fitur yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan melindungi website dari kerentanan yang diketahui.

Jadi, memperbarui versi PHP menjadi versi yang lebih baru adalah langkah penting untuk menjalankan WordPress versi 6.2 dan memastikan keamanan serta performa website yang optimal.

Update Website

Mengupdate website secara teratur sangat penting karena itu memastikan keamanan, kinerja, dan fungsionalitas yang optimal. Pembaruan website meliputi instalasi pembaruan keamanan terbaru untuk melindungi data pengguna dan mencegah serangan cyber, meningkatkan kinerja dan kecepatan halaman untuk pengalaman pengguna yang lebih baik, dan memastikan kompatibilitas dengan perangkat dan browser terbaru. Selain itu, pembaruan website juga mendukung strategi SEO dan pemasaran digital dengan meningkatkan visibilitas dan peringkat pencarian, serta menjaga relevansi dengan perkembangan teknologi dan tren terkini.

Menata Ulang Struktur Informasi Website PAUD Jogjacitra

Berikut adalah desain model struktur informasi untuk website sekolah PAUD:

Beranda
Tentang Jogjacitra
- Profil Sekolah
- Visi dan Misi
- Sejarah Sekolah
- Fasilitas
Profil Pengajar
Program Layanan PAUD
- Kurikulum
- Kegiatan Pembelajaran
- Ekstrakurikuler
- Pengembangan Anak
Pendaftaran
- Informasi Pendaftaran
- Syarat dan Ketentuan
- Jadwal Penerimaan
- Formulir Pendaftaran
Berita dan Kegiatan
- Berita Terbaru
- Agenda Kegiatan
Galeri Foto
Hubungi Kami
- Informasi Kontak
- Peta Lokasi
Sitemap

Menyesuaikan Kebutuhan Halaman sesuai dengan Struktur Informasi

  • Pengembangan konten Fasilitas PAUD pada halaman Profil PAUD
  • Penambahan Halaman untuk
    • Raudhatul Athfal
    • Kelompok Bermain
    • Taman Penitipan Anak
    • Pendampingan anak berkebutuhan Khusus
  • Penyesuaian halaman kontak digabung dnegan Lokasi
  • Instalasi Sitemap

Peningkatan Performa dan keamanan Situs

  • menghapus tema yang tidak dibutuhkan
  • meningkatkan performa cache
  • Instalasi Jetpack
  • Instalasi Yoast

Pembuatan 3 artikel Seo sebagai contoh posting

Kebutuhan Data

Panduan Update Website

Login ke Website

Berikut adalah alur cara login ke website WordPress melalui domain https://paudterpadujogjacitra.sch.id/:

  1. Buka browser web dan ketikkan alamat domain https://paudterpadujogjacitra.sch.id/wp-admin di bilah alamat.
  2. Pada halaman login WordPress, Anda akan melihat kolom “Username” (nama pengguna) dan “Password” (kata sandi).
  3. Masukkan username dan password yang valid sesuai dengan akun admin WordPress Anda.
  4. Setelah memasukkan username dan password, klik tombol “Login” atau tekan tombol Enter pada keyboard. Jika username dan password yang Anda masukkan benar, Anda akan diarahkan ke Dashboard WordPress, yang merupakan area administrasi situs.
  5. Di Dashboard WordPress, Anda dapat mengelola konten, tema, plugin, pengguna, dan berbagai pengaturan lainnya terkait website PAUD Terpadu Jogjacitra. Anda dapat mengedit halaman, menambahkan posting, memperbarui tampilan situs, mengelola pengguna, dan melakukan tugas administrasi lainnya.
Update Halaman

Fitur Halaman di website jogjacitra cukup beragam, yaitu Halaman depan, halaman profil PAUD, Profil pengajar hingga program pendidikan dan kontak dan lokasi. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbarui halaman di WordPress:

  1. Login ke Dashboard WordPress
  2. Setelah login, Anda akan diarahkan ke Dashboard WordPress.
  3. Di menu sisi kiri Dashboard, cari dan klik “Halaman” atau “Pages”. Ini akan membuka daftar halaman yang sudah ada di situs Anda.
  4. Temukan halaman yang ingin Anda update dalam daftar halaman.
  5. Klik judul halaman yang ingin Anda update. Hal ini akan membuka editor halaman.
  6. Di editor halaman, Anda dapat melakukan berbagai perubahan sesuai kebutuhan. Anda dapat mengedit konten teks, menambahkan gambar atau video, memformat teks, dan lain sebagainya. Editor halaman biasanya mirip dengan editor teks seperti Microsoft Word, dengan alat-alat yang memungkinkan Anda mengubah tampilan dan isi halaman.
  7. Setelah Anda selesai memperbarui halaman, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang Anda buat. Klik tombol “Update” atau “Simpan” di bagian atas atau bawah editor halaman.
  8. Halaman Anda sekarang telah diperbarui dengan perubahan yang Anda lakukan. Anda dapat melihat perubahan tersebut dengan mengunjungi halaman publik situs Anda.

Tambah dan Ubah Artikel POS

Berikut adalah langkah-langkah untuk menambah atau mengubah artikel (post) di WordPress:

  1. Login ke Dashboard WordPress.
  2. Setelah login, Anda akan diarahkan ke Dashboard WordPress.
  3. Di menu sisi kiri Dashboard, cari dan klik “Post” atau “Artikel”. Ini akan membuka daftar artikel yang sudah ada di situs Anda.
  4. Untuk menambahkan artikel baru, klik tombol “Tambah Baru” atau “Add New” di bagian atas halaman. Jika Anda ingin mengubah artikel yang sudah ada, pilih artikel yang ingin Anda ubah dari daftar.
  5. Editor artikel akan terbuka. Di sini, Anda dapat menambahkan judul artikel di kolom “Judul”, dan mengisi konten artikel di area editor yang tersedia. Anda dapat menambahkan teks, gambar, video, atau elemen lain sesuai kebutuhan.
  6. Pada bagian kanan editor, Anda dapat mengatur kategori artikel, menambahkan tag (kata kunci terkait artikel), menentukan tampilan artikel (misalnya, apakah ingin ditampilkan di halaman depan situs), dan lain-lain.
  7. Setelah Anda selesai menambah atau mengubah artikel, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang Anda buat. Klik tombol “Publish” atau “Publikasikan” di bagian kanan atas editor untuk menerbitkan artikel baru atau memperbarui artikel yang sudah ada.
  8. Artikel Anda sekarang telah ditambah atau diubah. Anda dapat melihat artikel tersebut dengan mengunjungi halaman publik situs Anda.
Update halaman atau POST dengan Elementor

Jika Anda menggunakan plugin Elementor untuk mengedit halaman atau artikel di WordPress, berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah halaman atau artikel yang telah dibuat dengan Elementor:

  1. Jika halaman atau artikel tersebut dibuat menggunakan Elementor, Anda akan melihat tombol “Edit with Elementor” di bagian atas editor. Klik tombol ini untuk membuka editor Elementor.
  2. Editor Elementor akan terbuka, dan Anda dapat melakukan perubahan pada tata letak, gaya, dan konten halaman atau artikel. Anda dapat menambahkan, menghapus, atau mengedit elemen seperti teks, gambar, video, kolom, dan sebagainya.
  3. Di panel sisi kiri, Anda akan melihat berbagai widget dan pengaturan yang dapat Anda gunakan untuk memperbarui halaman atau artikel. Anda dapat menyesuaikan tata letak, warna, font, animasi, dan lainnya.
  4. Setelah Anda selesai mengubah halaman atau artikel dengan Elementor, jangan lupa untuk menyimpan perubahan. Klik tombol “Update” atau “Simpan” di bagian atas atau bawah editor Elementor.
  5. Halaman atau artikel Anda sekarang telah diperbarui dengan perubahan yang Anda lakukan menggunakan Elementor.
Menambahkan gambar fitur pada halaman

Untuk menambahkan gambar fitur pada halaman atau artikel di WordPress, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke dashboard WordPress menggunakan akun administrator.
  2. Di menu sebelah kiri, klik “Pages” (Halaman) atau “Posts” (Artikel) tergantung di mana Anda ingin menambahkan gambar fitur.
  3. Cari halaman atau artikel yang ingin Anda edit, lalu klik judulnya.
  4. Di halaman editor, cari kotak yang bernama “Featured Image” (Gambar Fitur) atau “Set Featured Image”.
  5. Klik tombol “Set Featured Image” untuk memilih gambar yang ingin Anda jadikan gambar fitur.
  6. Di jendela pop-up, Anda dapat memilih gambar dari perpustakaan media yang sudah ada atau mengunggah gambar baru dengan mengklik tombol “Upload Files” (Unggah File).
  7. Setelah memilih atau mengunggah gambar, klik tombol “Set Featured Image” atau “Use as Featured Image” untuk mengatur gambar tersebut sebagai gambar fitur.
  8. Gambar fitur akan ditampilkan di halaman atau artikel tersebut, tergantung pada tema WordPress yang Anda gunakan.

Pastikan gambar yang Anda pilih untuk gambar fitur memiliki ukuran dan proporsi yang sesuai agar tampak baik dan tidak terdistorsi pada halaman atau artikel. Selain itu, Anda juga dapat mengatur opsi tampilan gambar fitur melalui pengaturan tema WordPress yang Anda gunakan.

Update nomor whatsapp di plugin Chaty

Untuk mengupdate nomor WhatsApp di plugin Chaty di WordPress, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke Dashboard WordPress menggunakan akun admin Anda.
  2. Di menu sisi kiri Dashboard, cari dan klik “Chaty” atau “Chaty Settings” tergantung pada nama yang digunakan oleh plugin.
  3. Di dalam pengaturan Chaty, temukan opsi yang berkaitan dengan nomor WhatsApp atau media sosial. Biasanya, akan ada kolom input khusus untuk nomor WhatsApp.
  4. Hapus nomor WhatsApp lama yang ada di kolom input dan gantilah dengan nomor WhatsApp baru yang ingin Anda gunakan.
  5. Pastikan untuk menyimpan perubahan yang Anda lakukan dengan mengklik tombol “Save” atau “Update” di bagian bawah pengaturan.

Pelatihan yang diperlukan

  1. Pengubahan informasi di halaman
  2. Pengubahan kontak whatsapp dan konfigurasi Chaty
  3. Mengelola menu, halaman dan artikel
  4. Pemanfaatan ahrefs dan openAI untuk optimasi kata kunci
  5. Pemanfaatan AI untuk membuat artikel
  6. Pemanfaatan AI untuk membuat gambar ilustrasi
  7. Konfigurasi SEO dengan YOAST

 

 

 

 

 

 

 

sibakul

Sibakul Jogja

Share
Published by
sibakul

Recent Posts

Mangut Lele Mbah Marto Salah Satu Kuliner Legend Peserta Digital Campaign 2024

Yogyakarta, kota yang dikenal dengan kekayaan budaya dan kulinernya, Dinas Koperasi UMKM DIY kembali menyelenggarakan…

5 hari ago

Bale Ayu Resto Rajanya Hidangan Gurame

Bale Ayu Resto Gastronomi DIY. Yogyakarta dikenal sebagai surganya kuliner di Indonesia, dan salah satu…

1 minggu ago

Mengenal Lebih Dekat Daerah Istimewa Yogyakarta: Sejarah dan Kekayaan Budayanya

Daerah Istimewa Yogyakarta, yang sering disingkat sebagai DIY, bukan hanya merupakan salah satu daerah otonom…

2 minggu ago

Digital Campaign 2024: Gastronomi DIY – Melampaui Makanan, Menghubungkan Budaya dengan Digital Marketing

Gastronomi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bukan hanya soal makan dan memasak; ini adalah seni memahami…

2 minggu ago

Elon Musk: Kisah Inspiratif Seorang Pengusaha Visioner

Elon Musk: Kisah Inspiratif Seorang Pengusaha Visioner Elon Musk, seorang visioner yang luar biasa, telah…

12 bulan ago

Pengantar Pemanfaatan openAI untuk Pemasaran Online

Sekilas openAI Digital marketing adalah suatu strategi pemasaran yang menggunakan media digital untuk mempromosikan produk,…

12 bulan ago