Uncategorized

Website Luna Amanah Jogja

Published by
sibakul

Website Luna Amanah Jogja merupakan website agen umroh, Pengembangan website melibatkan beberapa langkah penting. Pertama, website menyajikan informasi yang relevan dan memenuhi harapan pengguna. Kedua, perancangan antarmuka yang intuitif dan menarik, dengan tata letak yang mudah dinavigasi dan desain visual yang menarik. Hal ini akan meningkatkan pengalaman pengguna dan memudahkan mereka dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

Ketiga, memastikan website responsif, artinya dapat diakses dengan baik di berbagai perangkat, seperti desktop, tablet, dan smartphone. Keempat, mengoptimalkan kecepatan dan kinerja website agar pengguna tidak mengalami keterlambatan dalam memuat halaman.

Terakhir, memperbarui dan memelihara website secara berkala, baik dari segi konten maupun keamanan, untuk memastikan bahwa informasi yang disajikan tetap relevan dan website aman dari ancaman keamanan. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, pengembangan website agen umroh dapat meningkatkan visibilitas, kredibilitas, dan kemampuan agen untuk menyampaikan informasi dan menarik minat calon jamaah umroh.

Pengamanan dan Optimasi Website

  • Update versi wordpress ke 6.2.2
  • Update plugin dan tema
  • non aktifkan mode debug
  • Install dan Setup Jetpack
  • Install LiteSpeed
  • Menghapus semua tema yang tidak dipakai

Struktur Informasi yang dikembangkan

Untuk website agen umroh, struktur informasi yang baik akan memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan mudah. Berikut adalah struktur informasi website Luna Amanah Jogja:

  1. Beranda: Halaman utama yang memberikan gambaran singkat tentang agen umroh, layanan yang ditawarkan, dan informasi penting lainnya. Halaman ini harus menarik perhatian pengunjung dan menggambarkan nilai unik agen umroh tersebut.
  2. Tentang Kami: Halaman yang menjelaskan profil agen umroh, sejarah, nilai-nilai, dan keunggulan yang membedakan mereka dari agen umroh lainnya. Hal ini membantu pengunjung untuk lebih memahami agen umroh dan kepercayaan pada layanan yang mereka tawarkan.
  3. Paket Umroh: Halaman ini akan menampilkan paket-paket umroh yang ditawarkan oleh agen, termasuk durasi, fasilitas, harga, dan itinerari perjalanan. Informasi ini harus jelas, terperinci, dan mudah dibaca sehingga pengunjung dapat memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  4. Galeri: Halaman ini akan menampilkan foto-foto dan video perjalanan umroh sebelumnya yang diorganisir dengan baik. Hal ini memberikan pengunjung gambaran visual tentang pengalaman umroh dengan agen tersebut.
  5. Testimoni: Halaman yang berisi testimonial atau ulasan dari jamaah umroh sebelumnya yang telah menggunakan layanan agen tersebut. Testimoni ini akan memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada pengunjung bahwa agen umroh tersebut dapat diandalkan.
  6. Kontak: Halaman ini akan menyediakan informasi kontak agen umroh, seperti alamat, nomor telepon, dan Whatsapp. Pengunjung dapat menggunakan informasi ini untuk menghubungi agen dan mendapatkan lebih banyak informasi atau konsultasi.
  7. Blog: Bagian blog akan berisi artikel-artikel informatif terkait umroh, tips perjalanan, berita terbaru, dan informasi penting lainnya yang relevan dengan jamaah umroh. Hal ini dapat membantu mengedukasi pengunjung dan memperkuat kehadiran agen umroh dalam dunia digital.

Instalasi Plugin dan Pengaturan yang diperlukan untuk layanan dan Pemasaran

  • Flip Page untuk brosur online
  • Whatsapp untuk layanan konsultasi
  • YOAST untuk artikel SEO
  • Pengaturan Halaman Depan
  • Pengaturan Halaman Profil
  • Pengaturan Halaman Paket Umroh
  • Pengaturan Halaman Galeri Foto melalui integrasi instagram @lunaamanahjogja_official
  • Pengaturan Halaman Galeri Video melalui channel Luna Amanah Official
  • Pengaturan Halaman Kontak

Pembuatan Artikel SEO untuk contoh penulisan artikel

Panduan Pengelolaan Website

Calara Login Website Luna Amanah

Untuk login ke website WordPress dengan alamat https://lunaamanahjogja.com/, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser web di perangkat Anda dan kunjungi alamat https://lunaamanahjogja.com/wp-admin.
  2. Anda akan diarahkan ke halaman login WordPress. Masukkan username atau alamat email yang terkait dengan akun administrator website Anda di kolom “Username or Email Address”.
  3. Selanjutnya, masukkan password untuk akun administrator Anda di kolom “Password”.
  4. Setelah memasukkan username dan password, klik tombol “Log In” untuk masuk ke dashboard WordPress.
Mengubah Informasi Setiap Halaman Website Luna Amanah

Untuk mengubah informasi halaman yang menggunakan Elementor seperti Halaman Depan, Profil, Paket Umroh daln lainnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke dashboard WordPress dengan menggunakan akun administrator Anda.
  2. Setelah masuk ke dashboard, arahkan kursor mouse ke halaman yang ingin Anda edit di menu “Pages” (Halaman) atau “All Pages” (Semua Halaman).
  3. Pilih halaman yang ingin Anda ubah, kemudian klik opsi “Edit with Elementor” (Edit dengan Elementor) di bawah judul halaman.
  4. Setelah masuk ke editor Elementor, Anda akan melihat halaman dalam mode pengeditan visual dengan berbagai elemen dan widget.
  5. Klik pada elemen yang ingin Anda ubah informasinya, seperti teks, gambar, atau elemen lainnya. Anda dapat mengedit teks, mengganti gambar, menyesuaikan tata letak, dll.
  6. Untuk mengubah teks, cukup klik pada teks yang ingin diubah, lalu Anda dapat langsung mengetik atau memodifikasi isinya di panel pengaturan yang muncul di sebelah kiri.
  7. Jika Anda ingin mengganti gambar, klik pada gambar yang ingin diubah, lalu Anda dapat menggunggah gambar baru atau memilih gambar dari media library.
  8. Setelah selesai mengedit informasi halaman, klik tombol “Update” atau “Publish” untuk menyimpan perubahan yang Anda buat.
Menambah dan mengupdate artikel atau post Website Luna Amanah

Untuk menambah dan mengupdate artikel atau post di website WordPress, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke dashboard WordPress dengan menggunakan akun administrator.
  2. Di menu sebelah kiri, klik “Posts” (Artikel) atau “All Posts” (Semua Artikel) untuk melihat daftar artikel yang sudah ada.
  3. Untuk menambah artikel baru, klik tombol “Add New” (Tambah Baru) di halaman “Posts” (Artikel) atau “All Posts” (Semua Artikel).
  4. Di halaman editor artikel baru, berikan judul pada artikel di kotak “Add Title” (Tambahkan Judul).
  5. Kemudian, tulis konten artikel Anda di editor teks yang disediakan. Anda dapat menggunakan berbagai fitur dan opsi yang tersedia, seperti format teks, pemformatan paragraf, penomoran, penjajaran, pemberian tautan, dan lainnya.
  6. Jika Anda ingin menyisipkan media, seperti gambar atau video, klik tombol “Add Media” (Tambahkan Media) di atas editor teks. Unggah file media yang ingin Anda tambahkan atau pilih dari media yang sudah ada di perpustakaan media WordPress.
  7. Setelah selesai menulis artikel, Anda dapat mempublikasikannya langsung dengan mengklik tombol “Publish” (Publikasikan) di sebelah kanan atas halaman editor. Jika Anda ingin menyimpan sebagai draf terlebih dahulu, klik tombol “Save Draft” (Simpan Draf).
  8. Untuk mengupdate artikel yang sudah ada, cari artikel yang ingin Anda ubah di daftar “Posts” (Artikel) atau “All Posts” (Semua Artikel), lalu klik judulnya. Lakukan perubahan yang diperlukan di halaman editor, dan jangan lupa untuk menyimpan perubahan dengan mengklik tombol “Update” (Perbarui) di sebelah kanan atas halaman editor.
Menambahkan gambar fitur pada halaman Website Luna Amanah

Untuk menambahkan gambar fitur pada halaman atau artikel di WordPress, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke dashboard WordPress menggunakan akun administrator.
  2. Di menu sebelah kiri, klik “Pages” (Halaman) atau “Posts” (Artikel) tergantung di mana Anda ingin menambahkan gambar fitur.
  3. Cari halaman atau artikel yang ingin Anda edit, lalu klik judulnya.
  4. Di halaman editor, cari kotak yang bernama “Featured Image” (Gambar Fitur) atau “Set Featured Image”.
  5. Klik tombol “Set Featured Image” untuk memilih gambar yang ingin Anda jadikan gambar fitur.
  6. Di jendela pop-up, Anda dapat memilih gambar dari perpustakaan media yang sudah ada atau mengunggah gambar baru dengan mengklik tombol “Upload Files” (Unggah File).
  7. Setelah memilih atau mengunggah gambar, klik tombol “Set Featured Image” atau “Use as Featured Image” untuk mengatur gambar tersebut sebagai gambar fitur.
  8. Gambar fitur akan ditampilkan di halaman atau artikel tersebut, tergantung pada tema WordPress yang Anda gunakan.

Pastikan gambar yang Anda pilih untuk gambar fitur memiliki ukuran dan proporsi yang sesuai agar tampak baik dan tidak terdistorsi pada halaman atau artikel. Selain itu, Anda juga dapat mengatur opsi tampilan gambar fitur melalui pengaturan tema WordPress yang Anda gunakan.

Update nomor whatsapp di plugin Chaty

Untuk mengupdate nomor WhatsApp di plugin Chaty di WordPress, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke Dashboard WordPress menggunakan akun admin Anda.
  2. Di menu sisi kiri Dashboard, cari dan klik “Chaty” atau “Chaty Settings” tergantung pada nama yang digunakan oleh plugin.
  3. Di dalam pengaturan Chaty, temukan opsi yang berkaitan dengan nomor WhatsApp atau media sosial. Biasanya, akan ada kolom input khusus untuk nomor WhatsApp.
  4. Hapus nomor WhatsApp lama yang ada di kolom input dan gantilah dengan nomor WhatsApp baru yang ingin Anda gunakan.
  5. Pastikan untuk menyimpan perubahan yang Anda lakukan dengan mengklik tombol “Save” atau “Update” di bagian bawah pengaturan.
Menambah atau mengubah brosur Paket Umroh
  1. Masuk ke dashboard WordPress menggunakan akun administrator.
  2. Di menu sebelah kiri, cari dan klik “dflip Books” atau “Books” (tergantung pada nama plugin yang Anda gunakan) untuk mengakses pengaturan plugin.
  3. Di halaman pengaturan dflip Books, Anda akan melihat daftar buku yang sudah ada. Untuk menambah buku baru, klik tombol “Add New” atau “Tambah Baru”.
  4. Isi informasi buku seperti judul, penulis, deskripsi, dan upload file PDF buku atau beberapa gambar.
  5. Anda juga dapat mengatur opsi tampilan dan interaktifitas buku seperti fitur zoom, thumbnail, atau navigasi halaman.
  6. Jika Anda ingin mengubah konten buku yang sudah ada, cari buku yang ingin diubah dalam daftar dan klik tombol “Edit” atau “Ubah”.
  7. Lakukan perubahan yang diinginkan pada konten buku, seperti mengganti file PDF, mengubah deskripsi, atau mengatur opsi tampilan.
  8. Setelah selesai, jangan lupa untuk mengklik tombol “Save” atau “Simpan” untuk menyimpan perubahan.

Pastikan untuk mengikuti petunjuk atau dokumentasi resmi dari plugin dflip Books yang Anda gunakan untuk mendapatkan panduan yang lebih rinci mengenai penggunaan dan pengaturan plugin tersebut.

Pelatihan yang diperlukan

  1. Pengubahan informasi di halaman
  2. Pengubahan kontak whatsapp dan konfigurasi Chaty
  3. Pengelolaan paket umroh dan penggunaan FlipBook
  4. Mengelola menu, halaman dan artikel
  5. Pemanfaatan ahrefs dan openAI untuk optimasi kata kunci
  6. Pemanfaatan AI untuk membuat artikel
  7. Pemanfaatan AI untuk membuat gambar ilustrasi
  8. Konfigurasi SEO dengan YOAST
sibakul

Sibakul Jogja

Share
Published by
sibakul

Recent Posts

Elon Musk: Kisah Inspiratif Seorang Pengusaha Visioner

Elon Musk: Kisah Inspiratif Seorang Pengusaha Visioner Elon Musk, seorang visioner yang luar biasa, telah…

11 bulan ago

Pengantar Pemanfaatan openAI untuk Pemasaran Online

Sekilas openAI Digital marketing adalah suatu strategi pemasaran yang menggunakan media digital untuk mempromosikan produk,…

11 bulan ago

Bagaimana cara agar konten kita cepat di Indeks Google

Indeks Google - Pentingnya website kita cepat diindeks oleh Google terletak pada fakta bahwa indeksasi…

11 bulan ago

Aplikasi Mobile JBSC DISPERINDAG DIY

Layanan publik adalah segala bentuk pelayanan atau fasilitas yang disediakan oleh DISPERINDAG DIY untuk memenuhi…

11 bulan ago

Pengelolaan Web berbasis AI untuk Grup usaha Jogjacitra

Pengelolaan Web berbasis AI  sangat penting dalam mendukung kegiatanperusahaan. Dengan menggunakan OpenAI, perusahaan dapat mengoptimalkan…

11 bulan ago

Dokumentasi Penanganan Deface pada SiBakul Jogja

Artikel ini adalah dokumentasi dari kegiatan penanganan gangguan yang dialami berupa Deface pada Website SiBakul…

11 bulan ago